Home » » AKHIRNYA KU MENEMUKANMU SAHABAT

AKHIRNYA KU MENEMUKANMU SAHABAT

Dari kiri ke kanan: Penulis, Nurhalis, Jabal Riyadi, Sukarma
Memoriku langsung tertuju saat pelaksanaan wisuda Universitas Negeri Malang tahun 2001, berlokasi di depan gedung A1 dan A2 di Jl. Surabaya, Malang. sekumpulan wisudawan dan wisudawati siap melaksanakan prosesi wisuda. Kami dari Fakultas Sastra Jurusan Pendidikan Sejarah ramai berkumpul di depan ruang RR. Mereka sibuk berfoto ria menggunakan kameranya. Sebagai kenang-kenangan yang tak terganti. Saat itu kamera masih manual belum memasuki era digital. Tentunya beda dengan saat sekarang sekali foto file pun tersimpan.

Saya bersama teman-teman seangkatan dan sejurusan pendidikan sejarah. Saat itu memiliki angan-angan agar selepas wisuda ini jalinan silaturahmi jangan sampai terputus. Pada tahun-tahun berikut jalinan silaturahmi tetap terus terjalin baik itu menggunakan tehnologi Hand Phone maupun menggunakan media sosial.

Pada masa media sosial booming khususnya Facebook, jalinan kontak dengan teman-teman pun lambat-laun terjalin kembali. Itu pun sebagian karena tidak semua teman menggunakan media sosial. Untuk Hand Phone sempat terjalin. Tetapi jika kemudian hari kontak telepon itu tidak bisa terhubung tentu akan menyulitkan satu sama lain. Kecuali jika pengguna telepon memberitahu rekan-rekannya kalau mengganti nomor teleponnya.

Tetapi dengan tehnologi internet seperti sekarang, setidaknya memudahkan kita mencari teman-teman sejurusan yang belum bisa penulis hubungi.  Sejarah pun terjadi, setelah hampir 15 tahun penulis mencari nama Suci Prihastuti. Akhirnya kami pun bisa menjalin kontak. Kejadiannya pun seolah-olah Allah swt memberi jalan. Sebenarnya saya sudah mencari identitas kamu sejak media sosial Facebook, twitter ramai digunakan. Saat itu di facebook tertulis nama Suci Prihastuti Respati. Setelah saya kontak ternyata bukan dirimu. Setidaknya itu terjadi pada tahun 2005-an. Bahkan yang saya tanya di facebook pun menjadi sahabat sampai sekarang. 

Memang kalau Allah swt memberi jalan tidak ada daya yang bisa menghalanginya. Kejadiannya terjadi pada hari Minggu, 21 Juni 2015 sekitar setelah sholat Tarawih, saya googling menggunakan Smartphone saya Andromax G. Menuliskan nama SUCI PRIHASTUTI di search engine Google. Ada banyak pilihan nama, baik itu di Facebook dan lain-lain. Saya sudah tidak yakin jika saya cari di Facebook pasti tidak akan menemukannya.
Kemudian saya cari di data guru-data pokok dinas pendidikan, selanjutnya saya klik tautan tersebut dan ternyata terpampang data di salah satu institusi pendidikan yakni SDI AL ACHFAS DWI MATRA, terpampang nama Suci Prihastuti, S.Pd sebagai guru kelas diurutan nomor 24. Dalam benak saya "semoga" dia yang saya maksud.
Dari data institusi tersebut saya telusuri. Apa sekolah tersebut memiliki web site?? kalau ada apa memuat data guru?? Rasa penasaran saya semakin besar untuk mencari kamu sahabat. Kemudian saya telusuri di google SDI AL ACHFAS DWI MATRA ternyata ada webiste dan data guru. Terdata di nomor urut 3 dilengkapi dengan nomor HP dan e-mail yang bisa dihubungi. Awalnya senang ada. Tetapi apa betul yang saya maksud sahabat saya. Tetapi kog e-mailnya bukan dia? Tetapi tidak ada salahnya saya coba menghubungi yang bersangkutan. Jika memang itu benar dirimu. Saya bersyukur dan jika memang bukan tetap akan saya cari dikemudian hari.
Senin pagi, 22 Juni 2015 saya menulis email sekedar menanyakan apa betul yang bersangkutan lulusan UM jurusan pendidikan Sejarah? Rasa penasaran itu semakin besar. siang itu saya coba SMS di nomer tersebut. Dengan pertanyaan yang sama di email yang saya kirim. Balasan SMS itu pun datang dengan menanyakan "ini siapa?", saya menjawabnya dengan identitas lengkap saya. Dan balasan selanjutnya dia menyebut nama panggilan kecil saya. Alhamdulillah akhirnya ketemu juga. Terima kasih ya Allah swt telah merajut silaturahmi kami dengan rekan-rekan alumni. Terima kasih pada pencipta Google, pada Andromax G-ku (sekarang rusak). Dari komunikasi yang terjalin kami saling membagi nomor telp teman-teman yang masih bisa kami hubungi. SUCI PRIHASTUTI akhirnya saya menemukanmu......


Share this article :

Poskan Komentar