Home » , , » Guru Sejarah Membuat Sejarah. Sebuah Logo SMA Negeri 1 Dander Bojonegoro

Guru Sejarah Membuat Sejarah. Sebuah Logo SMA Negeri 1 Dander Bojonegoro

Assalamualaikum wr.wb.

Salam para netizen semua, sebelumnya saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih pada Allah swt sang penguasa alam yang menuntun saya bisa berkarya sampai saat ini, Rosul Nabi besar Muhammad SAW sang pencerah umat manusia. Alam hijau, laptop Axioo neon kesayangan, pulpen, kertas sebagai cikal awal buat  coretan-coretanku, istriku tersayang ifa, arjuna-arjunaku Chanuqi (Echa, Wisnu dan Qiyo), Scoopy dan Legenda sebagai kaki buat mengantar perjalananku kerja. Ibu Idha Kepsek SMA Negeri 1 Dander beserta teman-teman SMA Negeri 1 Dander.

Sebuah era baru di awal tahun 2015, saat terjadi rotasi pergantian pemimpin di SMA Negeri 1 Dander dilakukan. Harapan-harapan muncul di antara keinginan para staff dan guru. Saya pun demikian, memiliki pemimpin baru yang bisa memberi tempat bagi kita untuk menunjukkan karya.

Penulis pribadi sebagai tenaga pengajar di sekolah ini yang berkategori "baru" yakni mulai aktiv mengajar  per tanggal 1 Juli tahun 2009. Ingin membuat sesuatu yang bisa bermanfaat buat sekolah tempat penulis mengabdikan diri.  Pada saat penulis masuk dan melihat sekolah ini, ada yang "kurang" yaitu logo sebagai simbol identitas institusi ini. Corat-coret pun penulis lakukan. beberapa gambar konsep logo pun ada. Itu pun penulis buat untuk dokumen pribadi dulu. Kemudian penulis lihat di kaos olahraga siswa kog sudah ada logo?? penulis pun menanyakan kepada teman-teman guru. Apakah itu logo SMA Negeri 1 Dander? dan jawabannya tidak. Sekolah kita belum memiliki logo.

Pada awal tahun 2014 penulis dipesankan oleh Pak Mulyono pemimpin saai itu melalui Pak Fauzy waka kurikulum untuk dibuatkan logo. Konsep pun penulis buat. Jadilah logo tersebut dengan konsep kayangan api. Tetapi logo itu pun masih belum resmi sebagai logo yang dipakai sebagai identitas sekolah. Mengapa demikian?? Pertanyaan itu keluar. Alasannya secara birokrasi administrasi tidak ada sosialisasi yang tercatat di buku rapat dan sebagainya. Dan banyak teman-teman memberi masukan untuk identitas sekolah harus ada unsur "jati"nya. Walau logo sudah penulis buat dan belum sah secara hukum dan administrasi sekolah setidaknya mampu memberi support untuk berkarya. Pada rentang waktu itu penulis menggali inspirasi yang pas buat logo sekolah ini dan unsur jati harus masuk corat-coret pun berlanjut lagi.

Kemudian awal bulan April 2015 Ibu Idha sebagai pemimpin baru kami menyampaikan pesan kepada penulis agar dibuatkan logo buat sekolah ini, beliau menyampaikan bahwa sekolah ini berdiri sejak 1993 tetapi sampai sekarang belum memiliki logo resmi.Penulis pun menyampaikan bahwa sudah pernah penulis buatkan logo, tetapi beliau meminta untuk ada alternatif logo lain. Agar teman-teman saat sosialisasi dapat memilih logo mana yang baik dan tepat buat sekolah ini.

Hari Rabu 22 April 2015 Ibu meminta untuk sosialisasi dilakukan pada saat jam istirahat pertama. Persiapan sosialisasi pun kami lakukan. Sayang sekali pada hari itu moment nya kurang tepat karena bertepatan ada info dari Disdik Kabupaten Bojonegoro.  Sehingga banyak teman-teman tidak bisa hadir di sosialisasi itu. Hari itupun  tidak ada sosialisasi.

Keesokan pagi penulis mendapat sebuah pesan singkat di ponsel dari ibu Idha agar sosialisasi dilakukan lagi pada hari Kamis 23 April 2015 pada jam istirahat pertama. Sosialiasi pun penulis sampaikan. Syukur Alhamdulillah  Logo yang penulis buat resmi di pakai sebagai simbol identitas SMA Negeri 1 Dander.
Dengan konsep kembang jati dan simbol ini juga melambangkan surya sengkala "Kawruhing Gatra Kusumaning Bumi" diharapkan bisa menjadi logo yang mencirikan ke khas-an sekolah kita. Guru Sejarah akhirnya membuat Sejarah di SMA Negeri 1 Dander. Semoga bermanfaat. Amin

Berikut pemaparan dari logo SMA Negeri 1 Dander.



Arti Lambang dan logo SMA Negeri 1 Dander :
1. Bintang tiga memiliki makna bagi masyarakat Jawa sebagai rasi waluku yaitu rasi dimana pertanda musim bercocok tanam akan segera tiba.
2. Bumi mengandung makna satu. Dimana manusia tinggal dan sebagai khalifah di muka bumi. Diharapkan lulusan SMA Negeri 1 Dander dapat menyebar dan berkarya di berbagai penjuru muka bumi.
3. Sayap dengan Sembilan lekukan di setiap sisi bermakna SMA Negeri 1 Dander dapat mengepakkan sayapnya terbang selayaknya melepaskan lulusannya mencapai prestasi tertinggi.
4. Bunga biji Jati. Dalam bahasa Jawa disebut Janggleng, merupakan ciri khas dari wilayah Dander sebagai penghasil kayu Jati.
5. Buku memiliki arti sebagai sumber ilmu. Dengan menuntut ilmu di SMA Negeri 1 Dander merupakan pilihan yang tepat untuk belajar.
6. Pita memiliki arti sebagai pengikat rasa persaudaraan/kekeluargaan bagi seluruh civitas akademika SMA Negeri 1 Dander baik yang masih menuntut ilmu maupun yang sudah lulus.
7. Perisai berbentuk lingkaran melambangkan sebagai pelindung yaitu melindungi seluruh civitas akademika SMA Negeri 1 Dander dari hal-hal yang merusak nilai-nilai pendidikan. Bentuk lingkaran juga memiliki arti saling menyambung dimana lingkaran itu tidak ada titik akhir. Artinya selalu mengikuti perkembangan zaman..

Arti warna :
1. Biru melambangkan kedamaian, kebijaksanaan, ketenangan. Warna ini memberikan kesan tenang, damai dan kesejukkan.
2. Hijau melambangkan kesuburan dan kesuksesan.
3. Kuning melambangkan kebahagiaan, kehangatan serta memberikan kesan kepercayaan.
4. Merah melambangkan simbol energi, keberanian dan cinta.
5. Putih melambangkan kesucian, kesederhanaan, kebersihan.
6. Coklat melambankan persahabatan.
7. Hitam memberikan kesan ketegasan.

Arti dari Logo
Logo SMA Negeri 1 Dander merupakan simbol yang memiliki satu kesatuan arti. Dari logo tersebut tersembunyi sengkalan Surya sengkala memet yaitu menunjuk tahun dimana SMA Negeri 1 Dander berdiri yaitu tahun 1993.
Bumi melambangkan angka 1 (satu)
Sayap dengan Sembilan lekukan di setiap sisi melambangkan angka 9 (Sembilan)
Rasi Bintang 3 (tiga) melambangkan angka 3 (tiga).
Jadi kalau disambung menunjuk pada tahun 1993

Sedangkan kalimat KAWRUHING GATRA KUSUMANING BUMI, ini pun merupakan sengkalan yang menunjuk tahun berdirinya SMA Negeri 1 Dander.
KAWRUH = 3
GATRA = 9
KUSUMA = 9
BUMI = 1
Dibaca 1993
Arti keseluruhan dari makna tulisan KAWRUHING GATRA KUSUMANING BUMI yaitu beragam ilmu pengetahuan yang dipelajari untuk keindahan dunia.
Share this article :

Poskan Komentar