Home » » Diantara Persiapan dan Kesiapan Expo Life Skill SMAN 1 Dander

Diantara Persiapan dan Kesiapan Expo Life Skill SMAN 1 Dander

Ibu Puput menyiapkan hasil karya siswa SMAN 1 Dander

Pelaksanaan Expo Life skill tahun 2014 dalam hitungan menit akan dibuka, bertempat dilapangan sepak bola Sekolah Menengah Terpadu (SMT) Bojonegoro dan  menurut informasi akan dibuka oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf atau akrab disapa dengan Gus Ipul. Pameran produk kreasi siswa atau yang biasa disebut dengan Expo Life Skill se-kabupaten Bojonegoro tingkat SMP-SMA/SMK sedianya akan dilaksanakan selama tiga hari yakni mulai hari Senen tanggal 28 Oktober 2014 sampai dengan hari Rabu tanggal 30 Oktober 2014.

Kami dari tim Expo Life Skill SMA Negeri 1 Dander berperan aktif untuk melaksanakan kegiatan "tahunan", harusnya program ini tahunan yaitu dilaksanakan setiap se-tahun sekali. Tapi pameran ini terasa baru mulai lagi setelah vakum beberapa tahun ini. SMA Negeri 1 Dander menampilkan produk unggulannya yaitu Batik, Handycraft, dan keripik olahan dari Umbi-umbian.

Pada dasarnya Expo Life Skill ini terfokus pada hasil kerja dari siswa dari semua mata pelajaran, tapi nampaknya tidak semua mata pelajaran menampilkan hasil karyanya. Kog bisa ??? Dengan ukuran stand pameran 3x4 meter tentunya akan tampak ruwet kalau semua hasil karya siswa di semua mata pelajaran ditampilkan dan tidak fokus, oleh sebab itu untuk kali ini sebagai ujung tombaknya diambil dari program mata pelajaran Kewirausahaan dan Seni Budaya.

Penulis sendiri di dapuk oleh sekolah bagian dekorasi interior stand. Penunjukkan kepanitiaan sendiri awalnya secara lisan sekitar 8 hri yang lalu. Dan 4 hari yang lalu tepatnya hari rabu ditelpon oleh Waka Kurikulum untuk kesiapan dekorasinya. Ok bapak untuk dekorasinya siap. Segera saya siapkan dekorasinya. Tapi kog ya ndadak. Bismillah pokoknya semua saya pasrahkan pada yang diatas. Pemasangan dekorasi sendiri dimulai tepat jam 14.00 wib selesai sekisar jam 20.00 wib. Lelah penat.tapi terselesaikan juga.
Persiapan dekorasi interior

Penataan produk pun se-segera mungkin di display kan agar besok senen semua sudah siap dipamerkan.
Sayangnya pada pertengahan waktu penyelesaian display produk ada perubahan mendadak dari si empu nya batik. agar display batik nya di display di papan bukan handycraft-nya. Produk unggulannya kan Batik bukan handycraft dan keripik.  Hadeeech.......merubah lagi, ini dah malam bu.....jam 21.10 WIB. Ok wes langsung dirubah....eeeh ndilalah pas waktu merubah lampu seluruh stand mati. Tapi ga beselang lama lampu stand menyala lagi. Display pun berlanjut dan Selesai.

Dari program seni budaya dan kewirausahaan sendiri karya siswa sudah berjalan dengan baik. Hasil karya siswa pun tersimpan rapi dan jika saatnya (pameran expo life skill) tiba. Tinggal dipamerkan, syukur kalo laku dan bisa dibuat modal untuk usaha berikutnya. Amin. Begitupun juga karya handycraft yang sudah menghasilkan karya-nya. Sedangkan karya berupa keripik dari ubi Talas. Sejatinya merupakan produk unggulan yang sudah berjalan sekitar 3 tahun-an dan merupakan produk laku jual.

Semoga untuk Expo Life Skill tahun 2014 ini setidaknya mampu menyamai prestasi Expo Life Skill 3 tahun yang lalu. Amin. Sampai ketemu di Expo Life Skill selanjutnya.
Share this article :

Poskan Komentar