Pengertian Sejarah;
Zaman Sejarah Dan Prasejarah
SILAHKAN DOWNLOAD MATERI SEJARAH DIBAWAH INI !!!
MEMAHAMI SEJARAH ppt (DOWNLOAD)
METODOLOGI SEJARAH ppt (DOWNLOAD)
PRINSIP-PRINSIP DASAR PENELITIAN SEJARAH ppt (DOWNLOAD)
MATERI KELAS X (DOWNLOAD)
PALEOLITHIKUM ppt (DOWNLOAD)
MESOLITHIKUM ppt (DOWNLOAD)
NEOLITHIKUM ppt (DOWNLOAD)
ZAMAN LOGAM ppt (DOWNLOAD)
Sejarah, dalam bahasa Indonesia dapat berarti riwayat kejadian masa lampau yang benar-benar terjadi atau riwayat asal usul keturunan (terutama untuk raja-raja yang memerintah).
Kata Sejarah berasal dari kata Syajaratun atau Syajarah dalam bahasa Arab yang artinya pohon atau silsilah. Umumnya sejarah atau ilmu sejarah diartikan sebagai informasi mengenai kejadian yang sudah lampau. Sebagai cabang ilmu pengetahuan, mempelajari sejarah berarti mempelajari dan menerjemahkan informasi dari catatan-catatan yang dibuat oleh orang perorang, keluarga, dan komunitas. Pengetahuan akan sejarah melingkupi: pengetahuan akan kejadian-kejadian yang sudah lampau serta pengetahuan akan cara berpikir secara historis.
Dahulu, pembelajaran mengenai sejarah dikategorikan sebagai bagian dari Ilmu budaya (Humaniora). Akan tetapi, di saat sekarang ini, Sejarah lebih sering dikategorikan sebagai Ilmu sosial, terutama bila menyangkut perunutan sejarah secara kronologis.
Ilmu sejarah mempelajari berbagai kejadian yang berhubungan dengan kemanusiaan di masa lalu. Sejarah dibagi ke dalam beberapa sub dan bagian khusus lainnya seperti kronologi, historiografi, genealogi, paleografi, dan kliometrik. Orang yang mengkhususkan diri mempelajari sejarah disebut sejarawan.
Ilmu sejarah juga disebut sebagai Ilmu tarikh.
Daftar isi
* 1 Klasifikasi
* 2 Catatan Sejarah
* 3 Sejarah dan Prasejarah
* 4 Etimologi
* 5 Historiografi
* 6 Metode Kajian Sejarah
* 7 Belajar dari Sejarah
* 8 Lihat pula
Klasifikasi
Karena lingkup sejarah sangat besar, perlu klasifikasi yang baik untuk memudahkan penelitian. Bila beberapa penulis, seperti H. G. Wells, Will dan Ariel Durant, menulis sejarah dalam lingkup umum, kebanyakan ahli sejarah memiliki keahlian dan spesialisasi masing-masing.
Ada banyak cara untuk memilah informasi atau tema sejarah, misalnya:
* Berdasarkan kurun waktu (kronologis)
* Berdasarkan wilayah (geografis)
* Berdasarkan negara (nasional)
* Berdasarkan kelompok suku bangsa (etnis)
* Berdasarkan topik/pokok bahasan (topikal)
* Dan masih banyak lain lagi pemilahan informasi sejarah.
Dalam pemilahan tersebut haruslah diperhatikan bagaimana cara penulisannya, seperti melihat batasan-batasan temporal dan spasial tema itu sendiri. Jika hal tersebut tidak dijelaskan, maka sejarawan mungkin akan terjebak ke dalam falsafah ilmu lain, seperti sosiologi contohnya. Inilah sebabnya Immanuel Kant yang disebut-sebut sebagai Bapak Sosiologi mengejek sejarah sebagai penata batu bata dari fakta-fakta sosiologis.
Banyak orang yang mengkritik Ilmu Sejarah. Para pengkritik melihat sejarah sebagai sesuatu yang tidak ilmiah karena tidak memenuhi faktor-faktor keilmuan, terutama faktor “dapat dilihat atau dicoba kembali”. Artinya sejarah hanya dipandang sebagai pengetahuan belaka, bukan sebagai ilmu. Akan tetapi, Ilmu Sejarah terus berkembang dan menunjukkan dirinya masuk dalam tataran ilmu.
Catatan Sejarah
Ahli sejarah mendapatkan informasi mengenai masa lampau dari berbagai sumber, seperti catatan yang ditulis atau dicetak, mata uang atau benda bersejarah lainnya, bangunan dan monumen, serta dari wawancara (yang sering disebut sebagai “sejarah penceritaan”, atau oral history dalam bahasa Inggris). Untuk sejarah modern, sumber-sumber utama informasi sejarah adalah: foto, gambar bergerak (misalnya: film layar lebar), audio, dan rekaman video. Tidak semua sumber-sumber ini dapat digunakan untuk penelitian sejarah, karena tergantung pada periodeyang hendak diteliti atau dipelajari. Penelitian sejarah juga bergantung pada historiografi, atau cara pandang sejarah, yang berbeda satu dengan yang lainnya.
Ada banyak alasan mengapa orang menyimpan dan menjaga catatan sejarah, termasuk: alasan administratif (misalnya: keperluan sensus, catatan pajak, dan catatan perdagangan), alasan politis (guna memberi pujian atau kritik pada pemimpin negara, politikus, atau orang-orang penting), alasan keagamaan, kesenian, pencapaian olah raga (misalnya: rekor Olimpiade), catatan keturunan (genealogi), catatan pribadi (misalnya surat-menyurat), dan hiburan.
Namun dalam penulisan sejarah, sumber-sumber tersebut perlu dipilah-pilah. Metode ini disebut dengan kritik sumber. Kritik sumber dibagi menjadi dua macam, yaitu ekstern dan intern. Kritik ekstern adalah kritik yang pertama kali harus dilakukan oleh sejarawan saat dia menulis karyanya, terutama jika sumber sejarah tersebut berupa benda. Yakni dengan melihat validisasi bentuk fisik karya tersebut, mulai dari bentuk, warna dan apa saja yang dapat dilihat secara fisik. Sedang kritik intern adalah kritik yang dilihat dari isi sumber tersebut, apakah dapat dipertanggungjawabkan atau tidak.
Wawancara juga dipakai sebagai sumber sejarah. Namun perlu pula sejarawan bertindak kritis baik dalam pemilahan narasumber sampai dengan translasi ke bentuk digital atau tulisan.
Sejarah dan Prasejarah
Dulu, penelitian tentang sejarah terbatas pada penelitian atas catatan tertulis atau sejarah yang diceritakan. Akan tetapi, seiring dengan peningkatan jumlah akademik profesional serta pembentukan cabang ilmu pengetahuan yang baru sekitar abad ke-19 dan 20, terdapat pula informasi sejarah baru. Arkeologi, antropologi, dan cabang-cabang ilmu sosial lainnya terus memberikan informasi yang baru, serta menawarkan teori-teori baru tentang sejarah manusia. Banyak ahli sejarah yang bertanya: apakah cabang-cabang ilmu pengetahuan ini termasuk dalam ilmu sejarah, karena penelitian yang dilakukan tidak semata-mata atas catatan tertulis? Sebuah istilah baru, yaitu nirleka, dikemukakan. Istilah “pra-sejarah” digunakan untuk mengelompokkan cabang ilmu pengetahuan yang meneliti periode sebelum ditemukannya catatan sejarah tertulis.
Pada abad ke-20, pemisahan antara sejarah dan prasejarah mempersulit penelitian. Ahli sejarah waktu itu mencoba meneliti lebih dar sekadar narasi sejarah politik yang biasa mereka gunakan. Mereka mencoba meneliti menggunakan pendekatan baru, seperti pendekatan sejarah ekonomi, sosial, dan budaya. Semuanya membutuhkan bermacam-macam sumber. Di samping itu, ahli pra-sejarah seperti Vere Gordon Childe menggunakan arkeologi untuk menjelaskan banyak kejadian-kejadian penting di tempat-tempat yang biasanya termasuk dalam lingkup sejarah (dan bukan pra-sejarah murni). Pemisahan seperti ini juga dikritik karena mengesampingkan beberapa peradaban, seperti yang ditemukan di Afrika Sub-Sahara dan di Amerika sebelum kedatangan Columbus.
Akhirnya, secara perlahan-lahan selama beberapa dekade belakangan ini, pemisahan antara sejarah dan prasejarah sebagian besar telah dihilangkan.
Sekarang, tidak ada yang tahu pasti kapan sejarah dimulai. Secara umum sejarah diketahui sebagai ilmu yang mempelajari apa saja yang diketahui tentang masa lalu umat manusia (walau sudah hampir tidak ada pemisahan antara sejarah dan prasejarah, ada bidang ilmu pengetahuan baru yang dikenal dengan Sejarah Besar). Kini sumber-sumber apa saja yang dapat digunakan untuk mengetahui tentang sesuatu yang terjadi di masa lampau (misalnya: sejarah penceritaan, linguistik, genetika, dan lain-lain), diterima sebagai sumber yang sah oleh kebanyakan ahli sejarah.
Etimologi
Kata “sejarah” secara harafiah berasal dari kata Arab yang artinya pohon. Dalam bahasa Arab sendiri sejarah disebut (tarikh). Kata “tarikh” dalam bahasa Indonesia artinya kurang lebih adalah “waktu”.
Historiografi
Artikel utama untuk bagian ini adalah: Historiografi
Historiografi adalah adalah ilmu yang meneliti dan mengurai informasi sejarah berdasarkan sistem kepercayaan dan filsafat. Walau tentunya terdapat beberapa bias (pendapat subjektif) yang hakiki dalam semua penelitian yang bersifat historis (salah satu yang paling besar di antaranya adalah subjektivitas nasional), sejarah dapat dipelajari dari sudut pandang ideologis, misalnya: historiografi Marxisme.
Ada pula satu bentuk pengandaian sejarah (spekulasi mengenai sejarah) yang dikenal dengan sebutan “sejarah virtual” atau “sejarah kontra-faktual” (yaitu: cerita sejarah yang berlawanan — atau kontra — dengan fakta yang ada). Ada beberapa ahli sejarah yang menggunakan cara ini untuk mempelajari dan menjelajahi kemungkinan-kemungkinan yang ada apabila suatu kejadian tidak berlangsung atau malah sebaliknya berlangsung. Hal ini mirip dengan jenis cerita fiksi sejarah alternatif.
Metode Kajian Sejarah
Ahli-ahli sejarah terkemuka yang membantu mengembangkan metode kajian sejarah antara lain: Leopold von Ranke, Lewis Bernstein Namier, Geoffrey Rudolf Elton, G. M. Trevelyan, dan A. J. P. Taylor. Pada tahun 1960an, para ahli sejarah mulai meninggalkan narasi sejarah yang bersifat epik nasionalistik, dan memilih menggunakan narasi kronologis yang lebih realistik.
Ahli sejarah dari Perancis memperkenalkan metode sejarah kuantitatif. Metode ini menggunakan sejumlah besar data dan informasi untuk menelusuri kehidupan orang-orang dalam sejarah.
Ahli sejarah dari Amerika, terutama mereka yang terilhami zaman gerakan hak asasi dan sipil, berusaha untuk lebih mengikutsertakan kelompok-kelompok etnis, suku, ras, serta kelompok sosial dan ekonomi dalam kajian sejarahnya.
Dalam beberapa tahun kebelakangan ini, ilmuwan posmodernisme dengan keras mempertanyakan keabsahan dan perlu tidaknya dilakukan kajian sejarah. Menurut mereka, sejarah semata-mata hanyalah interpretasi pribadi dan subjektif atas sumber-sumber sejarah yang ada. Dalam bukunya yang berjudul In Defense of History (terj: Pembelaan akan Sejarah), Richard J. Evans, seorang profesor bidang sejarah modern dari Univeritas Cambridge di Inggris, membela pentingnya pengkajian sejarah untuk masyarakat.
Belajar dari Sejarah
Sejarah adalah topik ilmu pengetahuan yang sangat menarik. Tak hanya itu, sejarah juga mengajarkan hal-hal yang sangat penting, terutama mengenai: keberhasilan dan kegagalan dari para pemimpin kita, sistem perekonomian yang pernah ada, bentuk-bentuk pemerintahan, dan hal-hal penting lainnya dalam kehidupan manusia sepanjang sejarah. Dari sejarah, kita dapat mempelajari apa saja yang mempengaruhi kemajuan dan kejatuhan sebuah negara atau sebuah peradaban. Kita juga dapat mempelajari latar belakang alasan kegiatan politik, pengaruh dari filsafat sosial, serta sudut pandang budaya dan teknologi yang bermacam-macam, sepanjang zaman.
Salah satu kutipan yang paling terkenal mengenai sejarah dan pentingnya kita belajar mengenai sejarah ditulis oleh seorang filsuf dari Spanyol, George Santayana. Katanya: “Mereka yang tidak mengenal masa lalunya, dikutuk untuk mengulanginya.”
Filsuf dari Jerman, Georg Wilhelm Friedrich Hegel mengemukakan dalam pemikirannya tentang sejarah: “Inilah yang diajarkan oleh sejarah dan pengalaman: bahwa manusia dan pemerintahan tidak pernah belajar apa pun dari sejarah atau prinsip-prinsip yang didapat darinya.” Kalimat ini diulang kembali oleh negarawan dari Inggris Raya, Winston Churchill, katanya: “Satu-satunya hal yang kita pelajari dari sejarah adalah bahwa kita tidak benar-benar belajar darinya.”
Winston Churchill, yang juga mantan jurnalis dan seorang penulis memoar yang berpengaruh, pernah pula berkata “Sejarah akan baik padaku, karena aku akan menulisnya.” Tetapi sepertinya, ia bukan secara literal merujuk pada karya tulisnya, tetapi sekadar mengulang sebuah kutipan mengenai filsafat sejarah yang terkenal: “Sejarah ditulis oleh sang pemenang.” Maksudnya, seringkali pemenang sebuah konflik kemanusiaan menjadi lebih berkuasa dari taklukannya. Oleh karena itu, ia lebih mampu untuk meninggalkan jejak sejarah — dan pemelesetan fakta sejarah — sesuai dengan apa yang mereka rasa benar.
Pandangan yang lain lagi menyatakan bahwa kekuatan sejarah sangatlah besar sehingga tidak mungkin dapat diubah oleh usaha manusia. Atau, walaupun mungkin ada yang dapat mengubah jalannya sejarah, orang-orang yang berkuasa biasanya terlalu dipusingkan oleh masalahnya sendiri sehingga gagal melihat gambaran secara keseluruhan.
Masih ada pandangan lain lagi yang menyatakan bahwa sejarah tidak pernah berulang, karena setiap kejadian sejarah adalah unik. Dalam hal ini, ada banyak faktor yang menyebabkan berlangsungnya suatu kejadian sejarah; tidak mungkin seluruh faktor ini muncul dan terulang lagi. Maka, pengetahuan yang telah dimiliki mengenai suatu kejadian di masa lampau tidak dapat secara sempurna diterapkan untuk kejadian di masa sekarang. Tetapi banyak yang menganggap bahwa pandangan ini tidak sepenuhnya benar, karena pelajaran sejarah tetap dapat dan harus diambil dari setiap kejadian sejarah. Apabila sebuah kesimpulan umum dapat dengan seksama diambil dari kejadian ini, maka kesimpulan ini dapat menjadi pelajaran yang penting. Misalnya: kinerja respon darurat bencana alam dapat terus dan harus ditingkatkan; walaupun setiap kejadian bencana alam memang, dengan sendirinya, unik.
sumber : Pengantar Ilmu sejarah
-->
TRADISI SEJARAH DALAM
MASYARAKAT INDONESIA
MASA PRA-AKSARA DAN MASA AKSARA
A. TRADISI SEJARAH
DALAM MASYARAKAT INDONESIA MASA PRA-AKSARA
FOLKLORE
Kata folklor merupakan
pengindonesiaan dari bahasa Inggris folkore. Kata tersebut merupakan
kata majemuk yang berasal dari dua kata dasar yaitu folk dan lore.
Menurut Alan Dundes kata Folk berarti sekelompok orang yang memiliki
ciri-ciri pengenal fisik, sosial dan kebudayaan sehingga dapat dibedakan dari
kelompok-kelompok sosial lainnya.Ciri-ciri pengenal itu antara lain berupa :
Warna kulit, bentuk rambut, mata pencaharian, bahasa, taraf pendidikan, dan
agama yang sama.
Agar dapat membedakan foklor dengan kebudayaan
lainnya, maka harus diketahui ciri-ciri pengenal utama folklor yang dapat
dirumuskan sebagai berikut :
a.
Penyebaran dan pewarisannya
biasanya dilakukan secara lisan, yaitu melalui tutur kata dari mulut ke mulut
dari satu generasi ke generasi berikutnya.
b.
Foklor bersifat tradisional,
yaitu disebarkan dalam bentuk relatif tetap atau dalam bentuk standar.
c.
Foklor berkembang dalam versi-versi
yang berbeda-beda. Hal ini disebabkan penyebarannya secara lisan sehingga
foklor mudah mengalami perubahan. Akan tetapi bentuk dasarnya tetap bertahan.
d.
Foklor bersifat anonim, artinya pembuatnya sudah tidak
diketahui lagi orangnya.
e.
Foklor biasanya mempunyai bentuk
berpola. Kata-kata pembukanya
misalnya Menurut sahibul hikayat…(menurut yang empunya cerita)
atau dalam bahasa Jawa misalnya dimulai dengan kalimat Anuju sawijining dina
(pada suatu hari).
f.
Foklor mempunyai kegunaan
(function) dalam kehidupan kolektif. Cerita rakyat misalnya berguna sebagai
alat pendidikan, pelipur lara, protes sosial, dan cerminan keinginan terpendam.
g.
Foklor bersifat pralogis, yaitu
mempunyai logika sendiri yang tidak sesuai dengan logika umum. Ciri ini
terutama berlaku bagi foklor lisan dan sebagian lisan.
h.
Foklor menjadi milik bersama (colective)
dari kolektif tertentu.
i.
Foklor pada umumnya bersifat
lugu atau polos, sehingga seringkali kelihatannya kasar atau terlalu sopan. Hal
ini disebabkan banyak foklor merupakan proyeksi (cerminan) emosi manusia
yang jujur.
Sehubungan dengan pembagian
kebudayaan itu, maka Jan Harold Brunvand, seorang ahli foklor Amerika
Serikat, membagi foklor ke dalam tiga kelompok besar berdasarkan tipenya
sebagai berikut :
a. Folklore lisan (verbal foklore). Foklor jenis
ini dikenal juga sebagai fakta mental (mentifact) meliputi :
- Bahasa rakyat seperti
logat bahasa (dialect),slang, bahasa tabu, onomatis.
- Ungkapan tradisional
seperti peribahasa dan sindiran.
- Pertanyaan tradisonal yang
dikenal sebagai teka-teki.
- Sajak dan puisi rakyat,
seperti pantun dan syair.
- Cerita prosa rakyat.
Menurut William R. Bascom, cerita prosa rakyat dapat dibagi ke
ddalam tiga golongan besar, yaitu :
(1) mite (myth), (2) legenda (legend), (3) dongeng (folktale).
Seperti Malin Kundang dari Sumatera Barat, Sangkuriang dari Jawa Barat,
Roro Jonggrang dari jawa Tengah, Jaya Prana dan Layonsari dari Bali, dan
sebagainya.
- Nyanyian rakyat, seperti
Jali-jali dari Betawi, Ampar Ampar Pisang dari Kalimantan, Olesio dari
Ambon, dan sebagainya.
b. Folklore
sebagian lisan (partly
verbal foklore). Foklor ini dikenal juga sebagai fakta sosial (social
fact),meliputi :
- Kepercayaan dan takhayul.
- Permainan dan hiburan
rakyat setempat.
- Teater rakyat, seperti lenong,
ketoprak, ludruk, dan sebagainya.
- Tari rakyat, seperti Tari
Tayuban, Doger, Jarang kepang, Ngibing dan sebagainya.
- Adat kebiasaan, seperti
gotong royong dalam pembuatan
jalan, rumah atau pesta selamatan, khitanan dan sebagainya.
- Upacara tradisional
seperti tingkeban, turun tanah, temu manten, dan sebagainya.
- Pesta rakyat tradisional
seperti bersih desa sesudah panen, selamatan dan sebagainya.
c. Folklore
bukan lisan ( non verbal foklore). Foklor ini juga dikenal
sebagai artefak (artifact) meliputi :
- Arsitektur bangunan rumah
yang tradisional, seperti Joglo di Jawa, Rumah Gadang di
Minangkabau, rumah Betang di Kalimantan, Honay di Papua.
- Seni kerajinan tangan
tradisional.
- Pakaian tradisional.
- Obat-obatan rakyat.
- Alat-alat musik tradisional.
- Peralatan dan senjata yang
khas tradisional.
- Makanan dan minuman khas
daerah.
C. TRADISI SEJARAH
DALAM MASYARAKAT INDONESIA MASA AKSARA
1. MUNCULNYA
TRADISI TULISAN DI INDONESIA
Sebuah naskah
kuno yang dapat menghubungkan antara tradisi lisan dengan tradisi tulisan
adalah kisah tentang asal-usul abjad Jawa, yang lebih dikenal dengan Legenda Aji Saka. Beberapa ahli memiliki kesimpulan bahwa
Legenda Aji Saka ini memiliki hubungan dengan penggunaan Kalender Saka.
2. REKAMAN TERTULIS DALAM TRADISI SEJARAH MASYARAKAT BERBAGAI DAERAH
DI INDONESIA
PRASASTI
Berdasarkan bahasa dan
tulisan yang dipergunakan prasasti-prasasti di Indonesia dapat dibagi menjadi :
a. Prasasti
Berbahasa Sansekerta
b. Prasasti
Berbahasa Jawa Kuno
c. Prasasti
Berbahasa Melayu Kuno
d. Prasasti
Berbahasa Bali Kuno
KITAB
KUNO
ZAMAN
HINDU-BUDDHA
Hasil-hasil
kesusasteraan zaman Indonesia Klasik itu ditulis dalam bentuk gancaran (prosa) dan tembang (syair). Namun sebagian besar
berbentuk tembang. Tembang Jawa Kuno biasanya disebut dengan Kakawin, Sedangkan tembang Jawa
tengahan disebut Kidung. Ditinjau
dari segi isi, maka kitab-kitab kuno dari zaman Hindu-Buddha itu dapat dibagi
menjadi :
1. Tutur
2. Sastra
3. Wiracarita
4. Kitab Sejarah
Kitab Negarakertagama |
Hasil-hasil
kesusasteraan dari zaman Majapahit yang dimaksudkan sebagai sebagai kitab
sejarah disamping kitab sastra adalah sebagai berikut :
1. Nagarakertagama,
2. Pararaton,
3. Sundayana
4. Panji
Wijayakrama,
5. Ranggalawe,
6. Sorandaka,
7. Pamancangah,
8. Usana Jawa,
9. Usana Bali,
ZAMAN ISLAM
Pada zaman kerajaan
Islam berkembang di Indonesia muncul karya kesusasteraan yang juga dapat
dipergunakan sebagai sumber penulisan sejarah (sejarah tradisional) sebagi
berikut :
1.
Babad / Sejarah
2.
Hikayat Raja Raja Pasai
3.
Sejarah Melayu (Sulalat
Us-Salatin)
4.
Babad Tanah Jawi
5.
Babad Giyanti
6.
Hikayat Hasanuddin
7.
Bustan Us-Salatin
+ komentar + 9 komentar
bagus
mantap
salam kenal
semoga bermanfaat
tips yang bagus
All-Terima kasih komentarnya. Semoga bermanfaat saudara. Salam Sejarah
harus di simak dengan baik
Mau tanya, Perbedaan antara pra sejarah dan sejarah itu apa ya.. terimakasih
Dapatkan Jutaan Rupiah Dengan Cuma Cuma
Hanya Di SumoQQ(dot)Com
Real Website Real Player, Real Winner
Silahkan Buktikan dan Bergabung Bersana kami
Dan Raih Bonus Extra Jumbo :
- Bonus Extra Jumbo Rollingan
- Bonus Refferal Seumur Hidup
CS Ramah & Profesional Siap Melayani 24 Jam
Proses Transaksi Di Jamin Super Cepat
Kartu Bagus (Easy To Winn)
Support 6 Bank Local
Minimal Deposit & Withdraw 15Rb
Jangan Mikir Lagi Bos !!
Jalan dan Kesempatan Sudah Ada Di Depan Mata
Jangan Sia2 Kan Kesempatan Yang Ada bos !!
Ingat Bahwa Kemenangan Ada Di Pilihan Anda.
Jadi Jangan Sampai Salah Pilih Situs
Ingin Jadi Jutawan SumoQQ(dot)com Solusimya !!
Hub kami Untuk Info Lebih Lanjut :
Skype : SumoQQ
Fb : SumoQQ
BBM : D8ACD825
Line : SumoQQ
WA : +855 96 497 3259
Link Alternatif :
www(dot)SumoQQ(dot)net
www(dot)SumoQQ(dot)info
www(dot)SumoQQ(dot)org
Join Sekarang !! Kami Tunggu Kehadiran Para Calon Jutawan
Posting Komentar